Belajar Computer Dunia Maya

Jumat, 23 Desember 2011

Hati-Hati Banyak Penipuan Melalui Facebook

Banyak cara penipuan melalui facebook, diantaranya belanja online...Baik lah saya akan berbagi Tips bagaimana orang membuat penipuan melalui facebook, biasanya Harga murah, itulah yang selalu membuat customer terlena dan terhipnotis. Bayangkan Blackberry yang harganya limajutaan di suatu website penipuan ditawarkan dengan harga duajutaan. Wow.. apalagi dengan tampilan website yang profesional, dilengkapi dengan keterangan detail, foto-foto yang menarik, dan dibumbui beberapa testimoni yang seakan-akan meyakinkan, kalau kita tidak cermat menganalisa. Ada juga yang mencantumkan nomor surat ijin depkoninfo, foto-foto resi dari ekspedisi pengiriman terkenal, banyak dari kita yang tergiur untuk berbelanja online melalui web yang sebenarnya penipuan.

Sekarang ini banyak website penipuan yang menggunakan sarana facebook dan media iklan gratis di internet untuk mencari mangsa yang terlena. Kelemahan facebook yang bisa menampilkan foto dan berita dari “tag” seorang teman di facebook tanpa memerlukan persetujuan yang di tag, membuat banyak sekali korban-korban berjatuhan. Maka berhati-hatilah yang mendapatkan informasi barang murah di facebook, karena kemungkinan besar adalah penipuan.

Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan apakah suatu online store itu penipuan atau bukan, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
Harga yang tercantum di Toko Online penipuan biasanya di bawah harga pasaran. Bahkan ada yang memasang harga 50% dibawah harga pasaran. Mereka mengaku barang gelap, atau black market sehingga bisa mendapatkan harga murah.

  1. Nomor telpon yang tercantum biasanya nomor handphone dan cuma satu nomor biasanya, jarang sekali yang menggunakan fixphone dari telkom.
  2. Alamatnya fiktif, ada alamat cuma kalau didatangi pasti tidak ada di alamat yang dituju.
  3. Umur domain yang kalau boleh dibilang sangat baru, biasanya belum ada setahun.
  4. Apabila kita melakukan penawaran, mereka akan sangat mudah memberikan diskon.
  5. Tidak menerima pembelian secara langsung atau cash on delivery, mereka mewajibkan pembayaran dimuka via transfer bank, dan hampir dipastikan barang tidak akan pernah dikirim.
~SEMOGA BERMANFAAT~

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

DumPueNa CARA

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management