Belajar Computer Dunia Maya

Senin, 21 November 2011

Sistem Ekonomi Indonesia: Sistem Ekonomi Pancasila

Dalam bab-bab di depan telah diutarakan bahwa pengertian Sistem Ekonomi Indonesia dengan Sistem Ekonomi Pancasila merupakan istilah yang dapat saling ditukarkan karena mengandung pengertian yang sama. Kedua istilah tersebut juga ibarat dua muka dari sebuah koin atau istilahnya dalam bahasa jawa adalah kadya suruh lumah lan kurebe, dinulu seje rupane ginigit tunggal rasane.

Sistem Ekonomi Indonesia adalah seluruh lembaga-lembaga ekonomi yang dipergunakan bangsa Indonesia dalam mengolah dan meningkatkan segala sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari segi utopia, tujuan tersebut adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya, mencapai masyarakat adil dan makmur, spiritual dan material berdasarkan Pancasila.

Dari segi ekonomi ada 5 ciri khas Sistem Ekonomi Pancasila yaitu:
(1) Peranan dominan koperasi bersama dengan perusahaanperusahaan negara dan perusahaan-perusahaan swasta. Semua bentuk badan usaha didasarkan pada azas kekeluargaan dan prinsip harmoni dan bukan pada azas kepentingan pribadi dan prinsip konflik kepentingan.

(2) Memandang manusia secara utuh. Manusia bukan semata-mata homooikonomikus tetapi juga social man and religious man, dan sifat manusia terakhir ini dapat dikembangkan setaraf dengan sifat yang pertama sebagai motor penggerak kagiatan duniawi (ekonomi).

(3) Adanya kehendak sosial yang kuat ke arah egalitarianisme atau kemerataan sosial.
(4) Prioritas utama terhadap terciptanya suatu perekonomian nasional yang tangguh.

Konsep perekonomian nasional berfungsi sebagai pupuk ketahanan nasional untuk mencapai suatu perekonomian yang mandiri, tangguh dan terhormat di arena internasional, dan yang didasarkan atas solidaritas.

Dari segi kelembagaan yuridis, Sistem Ekonomi Pancasila adalah sistem ekonomi yang dalam mencapai tujuannya selalu didasarkan pada hukum (oleh karena Republik Indonesia adalah suatu negara hukum) dan melaksanakan demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi yang menjadi dasar dan tujuan untuk tercapainya masyarakat adil dan makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila mempunyai cita-cita positif dan negatif.
Pustaka Artikel Sistem Ekonomi Indonesia: Sistem Ekonomi Pancasila

Kapita selekta ekonomi Indonesia, Oleh Soetrisno P. H.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar

DumPueNa CARA

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management