Belajar Computer Dunia Maya

Senin, 21 November 2011

Mengenal Struktur Ekonomi Indonesia

Ekonomi Indonesia sebagai sasaran atau obyek yang digarap dalam melaksanakan kebijaksanaan ekonomi dan atau kebijaksanaan fiskal paling tidak dapat diartikan menjadi 3 arti, yaitu ekonomi Indonesia sebagai struktur kehidupan ekonomi. ekonomi Indonesia sebagai suatu bentuk sistem ekonomi tertentu dan yang terakhir adalah sebagai ilmu ekonomi Indonesia atau Indonesian Economics.

Ekonomi Indonesia dilihat dari aspek struktur kehidupan ekonominya berstruktur ekonomi agraris, expor oriented dan akibatnya juga import-oriented, perekonomian konsumen, ekonomi kolonial dan lain- lain, yang satu sama lain sudah tentu mempunyai kaftan yang sangat erat. Indonesia sebagai suatu negara yang tanah dan sumber-sumber mineral serta bahan-bahan tambangnya relatif banyak, sebagian besar dari tenaga kerjanya secara langsung dan tidak langsung bekerja atau hidup dalam lapangan pertanian.

Lebih dari 50% GDP berasal dari sektor primer sehingga pendapatannya sangat tergantung pada fluktuasi produksi sektor primer tersebut. Sebagian besar investasi Indonesia ditujukan untuk menghasilkan produk yang dijual ke luar negeri. Sebagai daerah bekas jajahan Indonesia adalah tempat untuk mengambil produk primer yang digunakan untuk melayani industri di luar negeri termasuk Belanda, Inggris, Amerika Serikat dan Jepang. Sebagai tempat pemasaran hasil produksi negara-negara maju yang notes-bene sebagian besar merupakan bekas negara-negara penjajah, Indonesia dengan sendirinya harus mengimpor sebagian barang- barang yang dibutuhkannya.

Penduduk Indonesia yang sebagian besar penduduknya berpendapatan rendah, sebagian besar dari pendapatan dan tambahan pendapatannya digunakan untuk meningkatkan konsumsinya. Keadaan perekonomian yang demikian tersebut bukannya tidak ada hubungannya dengan kedudukannya sebagai daerah bekas jajahan yang sejak lama telah mempunyai sifat dualistik.

Pada satu pihak golongan masyarakat terbesar mempunyai tingkat pendapatan dan konsumsi rendah berhadapan dengan golongan (penjajah dan orang asing) yang berpendapat.an relatif tinggi dengan konsumsi yang jauh lebih mewah. Bahwa demonstration effect (konsumsi) akan mengenai sebagian besar penduduk yang berpenghasilan rendah bukanlah tidak mustahil.

Di manapun juga konsumsi mewah alum mempengaruhi golongan lain secara cepat dan meluas. Bahwa perekonomian Amerika Serikat telah menjadi producers sovereignty di mana konsumen sangat dipengaruhi oleh advertensi dan lain-lain adalah kira-kira sejajar dengan perekonomian para konsumen. 2) Bedanya terletak pada tingkat pendapatan dan teknologi yang lebih tinggi.
Pustaka Artikel Mengenal Struktur Ekonomi Indonesia

Kapita selekta ekonomi Indonesia, Oleh Soetrisno P. H.

Related Post:

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you'd like an alternative to casually approaching girls and trying to figure out the right thing to say...

If you'd rather have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in noisy pubs and nightclubs...

Then I encourage you to view this eye-opening video to uncover a amazing secret that has the potential to get you your very own harem of beautiful women just 24 hours from now:

FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM...

Posting Komentar

DumPueNa CARA

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management